TAHU GA SIH BEA CUKAI PUNYA LIMA APLIKASI ANDROID YANG SIAP MEMBANTU KAMU??

Direktorat Jenderal Bea dan Cukai selalu berbenah dan melakukan inovasi demi memberikan kepuasan dalam pelayanan di bidang kepabeanan dan cukai. Berbagai upaya dan terobosan telah dilakukan misalnya dengan peresmian PLB, penambahan unit kapal patrol, peningkatan kualitas mutu sumber daya manusia hingga penggunaan teknologi informasi demi memberikan kenyamanan kepada pengguna jasa khususnya mereka yang selalu mobile.

Era perkembangan teknologi mutlak menuntut peningkatan kualitas layanan berbasih teknologi informasi. Hal ini dibuktikan bea cukai dengan memberikan layanan secara elektronik diantaranya penggunaan system Pertukaran Data Elektronik (PDE), Dokap Online yang telah dimsahabattory-kan di beberapa kantor, penggunaan system PMN-G2 dan berbagai inovasi pelayanan berbasis teknologi lainnya.

Namun tahukah sahabat proxima bahwa bea cukai kini telah memasuki dunia mobile? Ya, sahabat tidak salah dengar. Bea cukai berupaya menjangkau pengguna jasa melalui aplikasi berbasis android sehingga mudah digunakan dimanapun dan kapanpun. Pengembangan teknologi berbasis android ini sebagai bukti nyata bahwa bea cukai terus berinovasi dan membuat terobosan baru di dunia aplikasi mobile. Lalu apa saja aplikasi yang telah dibuat oleh bea cukai?? Berikut PROXIMA akan mengupas tuntas satu persatu aplikasi yang telah diluncurkan oleh bea cukai, semuanya resmi dan gratis untuk di unduh pada laman goole play

 

1. KALKULATOR PABEAN

Apliaksi yang pertama kali diluncurkan oleh bea cukai adalah kalkulator pabean. Kalkulator ini dapat digunakan untuk menghitung jumlah tagihan bea masuk dan pajak impor serta untuk menghitung besaran jaminan impor sementara. Aplikasi ini sangat berguna bagi sahabat yang tidak tahu bagaimana cara menghitung besaran bea masuk dan pajak impor. Sahabat cukup melihat berapa nomor HS sahabat pada BTKI lalu sahabat tinggal memasukkan harga barang, ongkos kirim, asuransi, lalu kurs yang berlaku saat ini serta beberapa pilihan lain yang sesuai dengan kriteria barang impor sahabat. Kalkulator ini juga sangat berguna bagi sahabat yang senang berbelanja online sehingga sahabat PROXIMA dapat memperkirakan berapa bea masuk dan pajak impor yang sahabat harus bayar ke kas negara.

 

 

2. MEDIA CENTER

Disisi lain untuk mengetahui perkembangan tentang bea cukai Indonesia, diluncurkan aplikasi media center. Aplikasi ini memungkinkan sahabat PROXIMA untuk mengetahui berita terbaru, pengumuman, serta Warta Bea Cukai sebagai media resmi Direktorat Jenderal Bea dan Cukai versi elektronik.

 

 

 

3. UNDANG UNDANG PABEAN

Sedangkan untuk mereka yang berkecimpung langsung dan intens dengan bea cukai, misalnya importer, eksporter, perusahaan pengurusan jasa kepabeanan dan pihak lain yang sangat membutuhkan peraturan utama dibidang kepabeanan dan cukai, Bea Cukai juga meluncurkan Aplikasi Undang Undang Pabean dalam satu naskah. Undang undang ini disusun sedemikian rupa sehingga antara peraturan perundangan dan penjelasannya berada pada satu aplikasi, dilengkapi dengan mode pencarian sehingga akan memudahkan pengguna dalam mencari peraturan dibidang kepabeanan.

 

 

4. UNDANG UNDANG CUKAI

Melengkapi Aplikasi Pabean, diluncurkan pula aplikasi Undang Undang Cukai. Sesuai namanya apliaksi ini berisikan peraturan serta penjelasan dalam satu aplikasi khusus di bidang cukai.

 

 

 

5. PANDUAN PELANCONG

Terakhir menanggapi semakin sadarnya masyarakat akan kewajiban kepabeanan ketika keluar masuk Indonesia, Bea Cukai meluncurkan aplikasi panduan bagi pelancong. Aplikasi ini akan memberikan panduan apa saja kewajiban penumpang dan/ atau awak sarana pengangkut ketika melintasi perbatasan Indonesia. Apasaja yang harus dilaporkan serta ketentuan lain yang berkaitan dengan barang bawaan penumpang.

Dengan diluncurkannya lima aplikasi android ini, bea cukai berharap dapat memberikan pelayanan terbaik kepada pengguna jasa dimanapun dan kapanpun. Tentunya perbaikan dan terobosan lainnya sedang digodong oleh bea cukai semata mata untuk perbaikan pelayanan. Untuk mengunduh aplikasi cukup mudah, silakan klik banner aplikasi atau scan barcode yang tersedia.

Bravo Bea Cukai, Bravo PROXIMA

 

Apa Komentar Anda tentang Tahu Ga Sih Bea Cukai Punya Lima Aplikasi Android Yang Siap Membantu Kamu??


Leave a Comment