Sosialisasikan Ketentuan Impor Barang Kiriman Dan Barang Bawaan Penumpang, Bea Cukai Mataram Lakukan Penyuluhan Keliling Desa-Desa.

Mataram (18/05/2018) - Bea Cukai Mataram gencar mensosialisasikan peraturan mengenai impor barang kiriman dan impor barang bawaan penumpang di pulau Lombok. Sebagaimana diketahui bahwa propinsi NTB merupakan salah satu daerah penyumbang buruh migran atau yang sering dikenal sebagai Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Mayoritas penumpang yang tiba di Bandara Internasional Lombok merupakan tenga kerja yang pulang dari bekerja di luar negeri. Selain itu, banyak juga barang-barang impor melalui kantor pos yang merupakan barang kiriman TKI kepada sanak saudara di Lombok. Minimnya pengetahuan akan ketentuan impor barang yang dibawa penumpang maupun yang dikirim melalui pos tersebut menyebabkan banyaknya barang milik TKI yang tertahan oleh Bea Cukai Mataram.

Untuk itu, Bea Cukai Mataram giat mensosialisasikan ketentuan dimaksud dengan cara mengunjungi desa-desa yang mayoritas penduduknya adalah kerabat atau pernah bekerja di luar negeri sebagai TKI. Sepanjang semester 1 (satu) 2018, Bea Cukai Mataram telah mengunjungi 6 (enam) desa yang tersebar di 4 (empat) kabupaten, yakni Lombok Tengah, Lombok Barat, Lombok Timur dan Lombok Utara. Acara diselenggarakan di balai-balai desa setempat dan memperoleh tanggapan yang sangat antusias dari masyarakat.

“Dengan penyuluhan keliling ini maka masyarakat akan semakin memahami prosedur impor barang kiriman dan barang bawaan penumpang. Selain itu, masyarakat juga lebih mengenal tugas pokok dan fungsi Bea Cukai” M. Budi Iswantoro, Kepala KPPBC TMP C Mataram menyatakan.

Dalam penyuluhan tersebut, Bea Cukai Mataram juga menghimbau masyarakat agar waspada terhadap penipuan yang mengatasnamakan Bea dan Cukai serta bagaimana cara mengkonfirmasi hal tersebut ke kantor Bea Cukai Mataram.

 

 

Tags

Apa Komentar Anda tentang Sosialisasikan Ketentuan Impor Barang Kiriman Dan Barang Bawaan Penumpang, Bea Cukai Mataram Lakukan Penyuluhan Keliling Desa-desa.


Leave a Comment