BEA CUKAI di GARDA TERDEPAN PELINDUNG BANGSA DARI BAHAYA NARKOBA

Tidak bisa dipungkiri Indonesia telah berada dalam kondisi darurat narkoba. Zat terlarang ini telah memberikan dampak negatif yang sangat besar bagi masayarakat Indonesia. Badan Narkotika Nasional sebagai badan yang bertugas menyusun dan melaksanakan kebijakan nasional mengenai pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap psikotropika, prekursor dan bahan adiktif lainnya kecuali bahan adiktif untuk tembakau dan alkohol sendiri telah menyebut bahwa saat ini sekitar 4 juta orang Indonesia menyalahgunakan narkoba, sumber.

Lebih lanjut permintaan terhadap narkoba yang semakin tinggi menjadi tantangan tersendiri bagi aparat penegak hukum di Indonesia. Salah satu upaya yang dapat dilakukan dan dimaksimalkan yakni pencegahan masuknya narkoba kedalam wilayah Indonesia. Lalu siapa aparat yang selama ini berdiri dibarisan depan dalam menjaga perbatasan atau wilayah Indonesia dari masuknya barang terlarang/ berbahaya termasuk narkoba?

Adalah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (biasa disebut Bea Cukai) yang selama ini berada di garda terdepan dalam melindungi masyarakat Indonesia dari peredaran barang berbahaya. Sesuai dengan salah satu misi Bea Cukai yaitu menjaga perbatasan dan melindungi masyarakat Indonesia dari penyelundupan dan perdagangan illegal Bea Cukai selalu memberikan kemampuan terbaiknya dalam melindungi masyarakat Indonesia. Lalu sebenarnya apa saja misi yang diemban oleh Bea Cukai? Misi Bea Cukai yaitu :

  • Kami memfasilitasi perdagangan dan industri;
  • Kami menjaga perbatasan dan melindungi masyarakat Indonesia dari penyelundupan dan perdagangan illegal; dan
  • Kami optimalkan penerimaan negara di sektor kepabeanan dan cukai.

Berkaitan dengan misi kedua yaitu menjaga perbatasan dan melindungi masyarakat Indonesia dari penyelundupan dan perdagangan illegal, Bea Cukai diharapkan mampu mendeteksi barang berbahaya yang akan memasuki wilayah Indonesia. Salah satu upaya yang telah dilakukan Bea Cukai antara lain memaksimalkan penggunaan X-Ray dalam deteksi awal barang, optimalisasi K-9, penggunaan kapal patroli bea cukai, pembentukan tim khusus penanggulangan narkoba (CTU, CNT), pembangunan pos bantu/ pos lintas batas dan masih banyak upaya yang telah dilakukan oleh Bea Cukai.
Hasilnya? Banyak upaya penyelundupan narkoba yang berhasil digagalkan oleh Bea Cukai. Berikut ini kinerja gemilang yang telah ditorehkan oleh Bea Cukai selama kurun waktu Januari sampai dengan Maret 2016

Namun semua upaya pencegahan terhadap peredaran narkoba juga mutlak mendapatkan dukungan dari masyarakat. Ambil contoh pemeriksaan di bandara terhadap barang bawaan penumpang maupun pemeriksaan fisik terhadap barang kiriman. Saat ini banyak masyarakat yang masih belum mengerti tugas dari Bea Cukai. Sosialisasi dan informasi terkait hal tersebut atau lebih luas terhadap penanganan barang impor harus lebih gencar dilakukan semata mata sebagai wujud kerjasama antara petugas dengan masyarakat

BRAVO Bea Cukai, terus mengabdi menjalankan tugas demi bangsa dan negara

Apa Komentar Anda tentang Bea Cukai Di Garda Terdepan Pelindung Bangsa Dari Bahaya Narkoba


Leave a Comment