BC Jatim II Buka Bersama, Merayakan Ramadhan Untuk Hidup Makin Baik

Malang - Tradisi yang belakangan ini semakin marak selama Ramadhan adalah buka puasa bersama. Berbagai kalangan, dari seluruh lapisan masyarakat menggelar buka puasa dengan ragamnya masing-masing. Ini bukan sekedar soal makan bersama, tetapi di situ, terdapat nilai yang lebih luhur, seperti terjalinnya silaturrahmi yang sebelumnya kurang mendapat perhatian mengingat berbagai kesibukan yang seolah-olah tiada habisnya. Ramadhan, mengingatkan kembali akan kodrat manusia sebagai makhluk sosial untuk bersosialisasi dengan yang lain. 

Tradisi ini terus berkembang dengan munculnya kebiasaan masyarakat yang mengundang kolega, keluarga, dan kenalannya untuk berbuka puasa di rumahnya disertai dengan ceramah agama singkat yang biasa disebut kultum (kuliah tujuh menit) sebelum Maghrib. Tradisi ini dilestarikan oleh Kanwil Bea Cukai Jatim II dengan mengadakan Buka Puasa Bersama yang dihadiri oleh seluruh pegawai serta mengundang para pensiunan dan instansi terkait yang berada di sekitaran Kanwil Bea Cukai Jatim II, bertempat di Lobby Kanwil Bea Cukai Jatim II (22/05) pukul 16.00 para undangan serta seluruh pegawai berkumpul untuk mengikuti kegiatan ini. Kegiatan ini dibuka oleh Kakanwil Bea Cukai Jatim II Agus Hermawan yang sambutannya menyampaikan kegiatan ini adalah bentuk untuk menjalin silturahmi antar seluruh pegawai dan para senior Bea Cukai yang telah memasuku masa purna bakti, “ini adalah salah satu rangkaian kegiatan selama bulan ramadhan yang telah disiapkan oleh panitia oleh karena itu saya ucapkan terima kasih kepada DKM Masjid Kanwil Jatim II atas kerja kerasnya,” ucap Agus.

Selanjutnya Ustad Ajang Kusmana memberikan tausiahnya, dalam ceramahnya Ust. Ajang menekankan keutamaan puasa dan pahala pada orang yang berpuasa antara lain puasa adalah penghalang dari siksa neraka, puasa juga akan memberikan syafa’at bagi orang yang menjalankannya dan orang berpuasa akan mendapatkan pengampunan dosa, “Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat,” tambah Ust. Ajang. Kegiatan pun diakhiri dengan berbuka puasa bersama seluruh pegawai dan undangan dengan menyantap hidangan yang telah disediakan Panitia.

 

Tags

Apa Komentar Anda tentang Bc Jatim Ii Buka Bersama, Merayakan Ramadhan Untuk Hidup Makin Baik


Leave a Comment