Bintal Bea Cukai Jateng DIY: Maaf Memaafkan Itu Jalan Meraih Surga-NYA

Semarang, 12/06 – Dalam rangka terus menguatkan mental pegawai, Bea Cukai Jateng DIY menyelenggarakan pembinaan mental (bintal) perdana setelah hari raya Idhul Fitri 1440 H pada hari Rabu. Usep Badruzzaman yang juga seorang motivator nasional sebagai narasumber menyampaikan ceramah dengan mengusung tema “Hari Raya Idhul Fitri 1440 H, Untuk Saling Memaafkan” kepada seluruh pegawai muslim Bea Cukai Jateng DIY bertempat di Aula gedung Kanwil Bea Cukai Jateng DIY.

Kepala Kanwil Bea Cukai Jateng DIY, Parjiya menyampaikan 2 hal terkait dengan mempebaiki diri setelah hari raya idhul fitri yaitu ikhlas untuk saling memaafkan dan berjanji pada diri sendiri untuk meminimalisir kesalahan. ”Dengan meminimalisir kesalahan di masa yang dating, maka kita sedang menuju kesempurnaan sebagai insan. Ketika kesempurnaan tersebut tercapai maka kita akan menjadi manusia yang beruntung,” ungkap Parjiya.

Dalam ceramahnya, Ust. Usep menyampaikan dua hadits terkait tema yang sedang diusung. Hadits yang pertama yakni tentang orang yang bangkrut,

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Orang yang bangkrut dari umatku adalah yang datang pada hari kiamat nanti dengan membawa (amal) shalat, puasa, dan zakat, (namun) ia telah mencerca ini (seseorang), menuduh orang (berzina), memakan harta orang, menumpahkan darah orang, dan memukul orang. (Orang) ini diberi (amal) kebaikannya dan yang ini diberi dari kebaikannya. Apabila amal kebaikannya habis sebelum terbayar (semua) tanggungannya, dosa-dosa mereka (yang dizalimi) diambil lalu ditimpakan kepadanya, kemudian dia dilemparkan ke dalam neraka.” (HR. Muslim)

Kemudian disambung dengan hadits kedua tentang memaafkan orang yang telah mendzalimi kita maka surga balasannya,

“Barangsiapa yang ingin dibangunkan baginya bangunan di Surga, hendaknya ia memafkan orang yang mendzaliminya, memberi orang yang bakhil padanya dan menyambung silaturahmi kepada orang yang memutuskannya.” (HR. Thabrani)

“Janganlah merasa sedih saat kita didzalimi orang lain, karena kelak kita akan mendapatkan balasan atas kedzaliman orang lain pada kita, namun alangkah lebih baik jika kita mampu memaafkan kedzaliman orang lain itu, karena Allah SWT telah menjanjikan surga bagi siapa yang mau memaafkan kedzaliman orang lain kepada kita.”, pungkas Usep.

Dalam suasana hari raya ini, pegawai Bea Cukai Jateng DIY diajak untuk menumbuhkan rasa saling memaafkan sesama manusia. Keutamaannya yaitu akan mendapatkan surga di akhirat nanti. Ditambah lagi, memaafkan juga dapat menjadikan hati manusia lebih lembut dan peduli. Diharapkan dari acara bintal tersebut pegawai dapat menguatkan mental dari sisi religi yaitu pegawai yang memiliki hati lembut dan peduli terhadap kebutuhan organisasi.

Sumber : http://kwbcjatengdiy.beacukai.go.id/…/bintal-bea-cukai-jat…/

Tags

Apa Komentar Anda tentang Bintal Bea Cukai Jateng Diy: Maaf Memaafkan Itu Jalan Meraih Surga-nya


Leave a Comment