Satuproxima
SATUPROXIMA

Selamat siang sahabat PROXIMA, apa kabar hari ini? Tentunya kita berharap yang terbaik dari ya....

Oh ya ngomongin soal beli barang dari luar negeri, ada ga sih yang merasa takut, was was, atau bahkan merasa ribet duluan ketika ingin membeli barang dari luar negeri. Umumnya sih takut barangnya tertahan ataupun diminta membayar uang tebusan yang mahal untuk pengeluaran barang. Apakah memang demikian? Yuk simak penjelasan ini sebelum sahabat PROXIMA bingung atau bahkan berburuk sangka kepada Bea Cukai.

 

1. KENALI BARANG YANG AKAN DIBELI

Sebelum sahabat PROXIMA membeli barang dari luar negeri, ada baiknya melakukan riset kecil kecilan mengenai barang tersebut. Apakah sudah dijual di dalam negeri? Apa fungsi utama barang tersebut. Misalnya sahabat membeli perangkat kamera yang mempunyai kemampuan…

Selengkapnya

Indonesia akan menerapkan BTKI 2017 para tanggal 1 Maret 2017, lalu apa saja yang berubah pada BTKI 2017 dibandingkan dengan BTKI 2012? Sebelumnya mungkin artikel ini akan membantu sahabat satuproxima memahami beberapa istilah yang akan digunakan. Mengenal Harmonized System, Asean Harmonized Tariff Nomenclature dan Buku Tarif Kepabeanan Indonesia.

 

LATAR BELAKANG

Pada dasarnya Harmonized System (HS) akan diamandemen secara rutin oleh World Customs Organization (organisasi kepabeanan internasional) setiap 5 (lima) tahun. Amandemen tersebut berdampak pada Asean Harmonized Tariff Nomenclature (AHTN) dan Buku Tarif Kepabeanan Indonesia (BTKI) sehingga harus disesuaikan dengan struktur HS yang baru sekaligus me-review struktur AHTN.

HS sendiri bersifat dinamis dan berkembang  karena dipengaruhi beberapa faktor antara lain perkembangan teknologi, perubahan pola perdagangan dan situasi serta…

Selengkapnya

Tahun 2017 Bea Cukai akan menetapkan Buku Tarif Kepabeanan Indonesia (BTKI) terbaru edisi 2017. Sebelumnya Bea Cukai menggunakan BTKI 2012 sebagai acuan dalam administrasi kepabeanan Indonesia.

Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai BTKI 2017 ada baiknya kita kembali ke belakang mengenai pengertian Harmonized System (HS), Asean Harmonised Tariff Nomenclature (AHTN) dan Buku Tarif Kepabeanan Indonesia (BTKI).

  • Harmonized System (HS) merupakan nomenklatur produk multi tujuan yang bersifat internasional. HS telah diratifikasi oleh hampir seluruh negara di dunia sejak 1 Januari 1988 berdasarkan konvensi internasional yang disususn oleh WCO. Konvensi tersebut mengatur tentang struktur klasifikasi barang perdagangan dalam bentuk kelompok kelompok barang berdsarkan pos dan sub pos dan dilengkapi dengan Ketentuan Umum Untuk Menginterpretasi Harmonized System (KUMHS) serta Catatan. HS digunakan…

    Selengkapnya

Beberapa waktu yang lalu Kementerian Keuangan mengeluarkan aturan baru terkait barang kiriman melalui Peraturan Menteri Keuangan Nomor 182/PMK.04/2016 tentang Barang Kiriman menggantikan Peraturan Menteri Keuangan 188/PMK. 04/2010 tentang Impor Barang yang Dibawa oleh Penumpang, Awak Sarana Pengangkut, Pelintas Batas dan Barang Kiriman. Peraturan yang ditandatangani 29 November 2016 ini resmi berlaku 60 hari sejak diundangkan pada tanggal 29 November 2016.
 

Peraturan tesebut muncul untuk menyesuakan dengan kondisi saat ini terutama dari sektor ekonomi. Peraturan yang lama dianggap sudah tidak sesuai lagi dengan kondisi saat ini, terutama terkait pembebasan yang diberikan yang "hanya" USD50/kiriman/penerima barang.

 

Lalu apa saja yang berubah dalam aturan tersebut? Berikut ini satuproxima akan membeberkan poin poin penting terkait pemberlakuan aturan baru tersebut.

 

PERUBAHAN…

Selengkapnya

Sahabat PROXIMA, tak terasa penghujung tahun 2016 sebentar lagi akan menghampiri kita. Semarak tahun baru 2017 rasanya sayang apabila dilewatkan begitu saja. Mungkin sabahat PROXIMA sudah mulai menyusun rencana liburan nih.... Nah untuk beberapa kalangan liburan di Luar Negeri mungkin akan menjadi pilihan tersendiri dalam menyambut tahun baru 2017. Gemerlap keramaian dalam rangka menyambut tahun baru di negeri orang akan menjadi pengalaman berharga yang tak akan terlupakan, apalagi sekarang harga tiket yang semakin terjangkau menjadi alasan tersendiri  mengapa masyarakat Indonesia beberapa memilih liburan ke luar negeri dibandingkan berjibaku dalam kemacetan ibukota.

Nah sahabat PROXIMA tentunya tidak ingin momen lebaran terganggu ketika kembali ke Indonesia tertahan di Bea Cukai karena membawa barang melebihi kententuan. Kali ini PROXIMA akan kembali mengingatkan mengenai…

Selengkapnya